Julfa Aisa, 150202121 (2024) Pembelajaran Qawa’id Nahwu Menggunakan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Teks. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Julfa Aisa, 150202121, FTK, PBA, 082246324281.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti mengamati proses pembelajaran qawa’id nahwu di MtsS Darul Muta’allimin bahwa murid mengalami kesulitan dalam memahami teks dan kesulitan dalam menerapkannya pada pembelajaran bahasa Arab. Oleh sebab itu peneliti mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan media strip story untuk memudahkan para siswa dalam memahami pembelajan bahasa Arab khususnya pada pemahaman teks. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektifitas penerapan media strip story untuk meningkatkan kemampuan murid dalam memahami teks dan mengidentifikasi respon siswa dalam mempelajari qawa’id nahwu menggunakan media strip story. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre eksperimen dengan desain one grup pre-test post test, dan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan tes dan angket. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif. Adapun murid kelas 2 (1) terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 25 murid. Peneliti menggunakan nilai persentase dan nilai rata-rata untuk menganalisa data respon murid dan menganalisa uji T untuk memperoleh nilai efektifitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa penerapan media strip story efektif untuk meningkatkan kemampuan murid dalam pemaham teks dan hasil angket menunjukkan bahwan respon murid terhadap pemahaman teks menggunakan media strip story berada pada tingkatan yang tinggi yaitu dengan nilai 3, 46
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Julfa aisa Julfa |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38988 |