Darmiana, 200210046 (2024) Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Subulussalam. Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Subulussalam, 12 (1): 1. pp. 161-171. ISSN 2355-2034 dan P-ISSN: 2527-9513
Darmiana (200210046).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan sosial emosional kurang berkembang karena sebagian anak-anak kurang bersosialisasi dengan teman sekelasnya dan cenderung bermain sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tari dampeng terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen metode quasiers dan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 anak TK B1 kelas eksperimen TK B2 kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi dan dokomentasi untuk melihat perilaku sosial anak sebelum dan setelah perlakuan. Terdapat pengaruh tari dampeng terhadap perkembangan sosial emosional anak Analisis data dilakukan dengan uji t independent untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti tari dampeng mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial emosional mereka. Rata-rata nilai kelas eksperimen pretest sebesar 76, 35 meningkat menjadi 107,46 pada posttest. Hasil menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen dengan nilai sig. adalah 0,499 > 0,05. Selanjutnya, dalam pengujian menggunakan model analisis independent sample t-test ini bahwa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Artinya adanya pengaruh penerapan tari Dampeng terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Adfhal Kota Subulusslam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan Tari Dampeng terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Subulussalam, ini dapat sebagai bukti bahwa penelitian ini memberikan manfaat yang positif bagi anak-anak dalam aspek sosial emosionalnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Darmiana Darmiana |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:42 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38994 |