Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 10 Darul Makmur, kabupaten Nagan Raya

Lisma Wati, 180201084 (2024) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 10 Darul Makmur, kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PAI] Text (Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran PAI)
SKRIPSI LISMA WATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Lisma Wati
Nim : 180201084
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Agama Islam
Judul : Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pai Di SMP Negeri 10 Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya
Tebal Skripsi : 116 Halaman
Pembimbing I : Dr. Muslim Razali, S.H., M.Ag.
Pembimbing II : Dr. Nufiar, M. Ag.
Kata Kunci : Peningkatan Motivasi, Metode Demonstrasi
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalam metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran sangat bervariasi, akan tetapi penggunaan metode pembelajaran memerlukan kelihaian dan kecekatan guru dalam memilih serta menetapkan metode yang tepat. Berdasarkan hasil observasi awal, dari wawancara peneliti dengan guru PAI di kelas IX Sekolah SMP Negeri 10 Darul Makmur kabupaten Nagan Raya, diperoleh informasi bahwa guru kelas tersebut menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI. Dengan penerapan metode demonstrasi tersebut tampak proses pembelajaran lebih menarik dan siswa pun tampak lebih responsif terhadap materi ajar. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, apa saja kendala dalam meningkatan motivasi belajar siswa, dan apakah metode demonstrasi berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 10 Darul Makmur, Nagan Raya. Metode penelitian ini menggunakan metode Match Method, teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil olahan data tentang aktivitas guru pada pelaksanaan pembelajaran dengan mengaplikasikan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI yaitu 65% dengan kategori cukup. Kendala yang dialami guru pada saat mengaplikasikan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, sebagian kecil siswa tidak mau berpartisipasi dalam kelompoknya seperti masih ada yang sibuk menganggu teman dan asyik dengan kesibukannya masing-masing. Berdasarkan tabel hasil angket diatas dapat diketahui bahwa guru berhasil meningkat motivasi belajar siswa hingga 89,3% apabila pembelajaran dilakukan menggunakan metode demonstrasi. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi, guru dapat menambah motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lismawati Lisma
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:55
Last Modified: 11 Sep 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39001

Actions (login required)

View Item
View Item