Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Model Guided Discovery Learning Di SMPN 8 Banda Aceh

Muhammad Rizki, 160205127 (2024) Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Model Guided Discovery Learning Di SMPN 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Model Guided Discovery Learning Di SMPN 8 Banda Aceh] Text (Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Melalui Model Guided Discovery Learning Di SMPN 8 Banda Aceh)
Muhammad Rizki, 160205127, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar materi segiempat berhubungan erat dengan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemapuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segiempat melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (quasi eksperiment) dan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Pada penelitian ini yang menjadi populasi yang akan diteliti adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2021/2022, dan sampel yang terpilih adalah dua kelas yang terdiri dari kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen berada pada kriteria yang rata-ratanya tinggi. Perolehan lainnya pada penelitian ini adalah hasil pengolahan data memperoleh t_hitung=9,572. Untuk membandingkan t_hitung dengan t_tabel maka perlu dicari dahulu derajat kebebasan dengan menggunakan rumus dk = (n1 + n2 – 2)= (33 +32– 2) = 63. Berdasarkan perhitungan tersebut didapatkan nilai t_(hitung )= 9,572 dan diperoleh t_0,95(63) =1,671. Sehinggat_(hitung )>t_(tabel ), dapat disimpulkan bahwa kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa kelas VII SMP yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning (GDL) lebih baik daripada kemampuan Pemahaman Konsep Matematis yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Rizki
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:35
Last Modified: 12 Sep 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39045

Actions (login required)

View Item
View Item