Penggunaan Media Poster Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV SD Negeri 10 Tapaktuan

Akila Adlin, 200201159 (2024) Penggunaan Media Poster Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV SD Negeri 10 Tapaktuan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Poster Dalam Meningkatkan Minat Belajar          Pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV SD Negeri 10   Tapaktuan] Text (Penggunaan Media Poster Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV SD Negeri 10 Tapaktuan)
SKRIPSI AKILA ADLIN 200201159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian yang dilakukan di SD Negeri 10 Tapaktuan kelas IV, ditemukan bahwa guru masih belum menggunakan media dalam proses pembelajaran. Selain itu, tidak terlihat adanya media dan fasilitas belajar yang mendukung proses pembelajaran. Dari pengamatan peneliti, ada beberapa hal yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Salah satunya adalah pembelajaran yang masih belum menarik, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Selain itu, siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran karena kurangnya kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran PAI di kelas. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan media poster sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah minat belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media poster di kelas IV SD Negeri 10 Tapaktuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 14 siswa kelas IV SD Negeri 10 Tapaktuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan angket siswa mengenai penggunaan media poster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I berada dalam kategori cukup baik dengan persentase 75,8%. Pada siklus II, aktivitas guru meningkat ke kategori sangat baik dengan persentase 94,1%. Aktivitas siswa pada siklus I juga dalam kategori cukup baik dengan persentase 71,6%, dan meningkat ke kategori sangat baik pada siklus II dengan persentase 92,5%. Minat belajar siswa pada siklus I berada dalam kategori cukup dengan persentase 1,83%, dan meningkat menjadi 3,42% dalam kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akila Adlin Akila
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:09
Last Modified: 12 Sep 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39046

Actions (login required)

View Item
View Item