Sausan Syadza Thahirah, 180201139 (2024) Integrasi Sikap Religius Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas VIII Smpn 1 Kota Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Integrasi Sikap Religius Dalam Pembelajaran PAI]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sausan Syadza Thahirah, FTK, PAI, 082368772924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Rendahnya sikap religius sebagian peserta didik SMP Negeri 1 Kota Sabang menuntut guru PAI untuk menerapkan berbagai metode dan teknik dalam membentuk sikap religius peserta didik, dan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan mengintegrasikan nilai sikap religius ke dalam pembelajaran PAI di kelas. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui metode atau teknik implementasi pengintegrasian nilai sikap religius dalam pembelajaran PAI serta kendala pengintegrasian nilai sikap religius dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi terhadap aktivitas pengentegrasian nilai sikap religius di dalam kelas, wawancara dengan guru dan angket untuk peserta didik. Adapun yang di observasi dalam penelitian ini adalah proses pengintegrasian nilai sikap religius dalam pembelajaran PAI di kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah 137 peserta didik di kelas VIII pada SMPN Negeri 1 Kota Sabang yang terdiri dari 5 rombel (VIII-1 s.d VIII-5), dan 2 guru Pendidikan Agama Islam. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga subjek penelitian menjadi 83 peserta didik dan 2 guru PAI. Data observasi dianalisis secara deskriptif dan hasil wawancara dianalisis secara tematik. Adapun hasil angket dianalisis menggunakan rumus persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengintegrasian sikap religius dalam pembelajaran PAI di kelas menggunakan metode ekspositori (ceramah), metode tanya jawab serta metode penugasan, Kemudian teknik implementasi sikap religius dalam pembelajaran PAI di kelas menggunakan teknik pemantauan dan peneguran, teknik perbaikan bacaan Al-Qur’an dan doa serta teknik nasehat. Kemudian kendala internal dalam pengintegrasian sikap religius dalam pembelajaran PAI yaitu guru mengajar dengan intonasi suara yang rendah, guru belum menguasai kelas dalam proses pembelajaran, serta kendala eksternalnya yaitu peserta didik kurang disiplin dan guru beserta staf lainnya kurang aktif dalam pengarahan. Dengan pengintegrasian nilai sikap religius ke dalam mata pelajaran diharapkan dapat membangun pemahaman dan meningkatkan keyakinan peserta didik serta memperoleh manfaat pembelajaran dan nilai religius yang terkandung di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sausan Syadza Thahirah Sausan |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39050 |