Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Papan Huruf Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 7 Kota Banda Aceh

Ziaul Jannah, 200209111 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Papan Huruf Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 7 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Papan Huruf Bergambar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Papan Huruf Bergambar)
SKRIPSI LENGKAP ZIAUL BARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II.1 MIN 7 Banda Aceh didapatkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih rendah. Dalam Upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang lebih baik maka peneliti ingin menerapkan model pembelajaran word square berbantuan papan huruf bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajan membaca permulaan dengan menerapkan model pembelajaran word square di kelas II.1 MIN 7 Banda Aceh, dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran word square untuk peningkatkan kemampuan membaca permulaan berbantuan papan huruf bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran word square berbantuan papan huruf bergambar pada siklus I dengan skor 76,47% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 91,18%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 75,00% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 89,71%. Hasil tes membaca permulaan pada siklus I yaitu 62,50% meningkat menjadi 87,00% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran word square berbantuan papan huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ziaul Jannah Zia
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:01
Last Modified: 13 Sep 2024 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39076

Actions (login required)

View Item
View Item