Farrah Nadilla, 200209123 (2024) Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Dengan Menerapkan Metode Debat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI FIX FARAH FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pada proses pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa siswa kurang berani dalam memberikan argumentasinya, hal ini dibuktikan dari data Observasi belajar siswa masih di bawah KKM, dari 25 siswa hanya 8 siswa yang berhasil mencapai KKM, KKM di SDN 1 Indra Jaya yaitu 76. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis aktivitas guru, (2) menganalisis aktivitas siswa, (3) menganalisis peningkatan Kemampuan Berargumentasi, setelah menerapkan metode Debat di kelas IV/A SDN 1 Indra Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan Tes, teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 70,62% kategori Baik pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 91,25%. Kategori Baik Sekali (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 66,87%, Baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 89,37%, kategori Baik Sekali, (3) Hasil tes Kemampuan Berargumentasi siklus I 64% kategori Cukup, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 88% kategori Baik Sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Debat mampu meningkatkan kemampuan Berargumentasi siswa di kelas IV/A SDN 1 Indra Jaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farrah Nadilla Farrah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:05 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39081 |