Helmiza Fahmi, 150201174 (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Helmiza Fahmi, 150201174, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Minimnya minat baca siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tentu suatu masalah besar mengingat kebutuhan akan informasi terkait pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menentukan arah masa depannya. Begitu juga pada siswa di SMAN 1 Teunom yang minat membaca mata pelajaran PAI masih terlihat sedikit, sehingga membuat guru PAI melakukan berbagai peran mengatasi minat baca siswa tersebut. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui minat baca siswa SMAN 1
Teunom Kabupaten Aceh Jaya, peran guru PAI dalam meningkatkan minat baca mata pelajaran PAI pada siswa SMAN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya dan kendala guru PAI dalam meningkatkan minat baca mata pelajaran PAI pada siswa SMAN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: upaya guru PAI dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya masih sedikit, khususnya pada mata pelajaran PAI. Peran guru PAI dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya dilakukan dengan memanfaatkan program literasi, pemanfaatan fasilitas membaca, membuat pembelajaran dengan cara yang menarik, pemberian tugas tambahan kepada siswa. Kendala guru PAI dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya yang bersumber dari siswa ialah sebagian besar siswa masih kurang menyadari penting membaca untuk kebutuhan dirinya dimasa mendatang. Kendala yang bersumber dari guru berupa kurangnya kreativitas guru dalam mendorong minat membaca siswa, sedangkan kendala dari lingkungan sekolah ialah masih minimnya upaya pengembangan koleksi perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Helmiza Fahmi Helmiza |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:42 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39093 |