Intan Nurrisma, 200201105 (2024) Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam Judul: Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium PAI Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Laboratorium PAI, Hasil Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Intan Nurrisma, 200201105, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Selama ini Pendidikan Agama Islam yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan karena proses pembelajaran dikelas guru hanya berfokus pada pembelajaran secara teori sehingga munculnya rasa bosan dan jenuh dalam diri peserta didik, kurangnya sumber media pembelajaran dalam proses pembelajaran, dimana peserta didik hanya berfokus pada teori yang diberikan oleh guru sehingga peserta didik kurang memahami pembelajaran. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI yang di fokuskan pada kelas VII SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar dengan memanfaatkan Laboratorium PAI sebagai media dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pemanfaatan Laboratorium PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar dan 2 Bagaimana pengaruh pemanfaatan Laboratorium PAI terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Bairussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1. pemanfaatan Laboratorium PAI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. yang mana sebelumnya persentase peserta didik yang tidak pernah mendapatkan media pembelajaran PAI yaitu 10%, maka hal tersebut menandakan bahwa pemanfaatan Laboratorium PAI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan peserta didik yang memanfaatkan Laboratorium PAI sebagai media pembelajaran berjumlah 90% yang terdiri dari 32 responden diantaranya 5 responden selalu memanfaatkan, 10 responden sering memanfaatkan, dan 7 responden yang jarang menggunakannya. 2. Laboratorium PAI memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Baitussalam Aceh Besar. Hal ini berarti bahwa semakin sering peserta didik memanfaatkan Laboratorium PAI makin tinggi tingkat pemahaman dan hasil belajarnya. Hasil ini sesuai dengan hasil belajar PAI yang menyatakan bahwa Laboratorium PAI dapat mempengaruhi proses hasil belajar PAI. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa Laboratorium PAI memberikan pengaruh yang positif dalam proses pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Intan Nurrisma Intan |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39119 |