Strategi Pengembangan Unit Usaha Masjid Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Pada Masjid Oman Al-Makmur)

T. Hafidh Al-Abrar T. A, 190602089 (2024) Strategi Pengembangan Unit Usaha Masjid Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Pada Masjid Oman Al-Makmur). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Unit Usaha, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Analisis SWOT, Masjid Oman Al-Makmur] Text (Pengembangan Unit Usaha, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Analisis SWOT, Masjid Oman Al-Makmur)
T. Hafidh Al-abrar T.A, 190602089, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pengembangan unit usaha masjid guna pemberdayaan ekonomi umat, dengan fokus pada analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada Masjid Oman Al-Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis untuk mengidentifikasi faktor-faktor kelemahan (weaknesses) dan peluang (opportunities) dalam konteks unit usaha masjid. Metode analisis SWOT diterapkan untuk mengevaluasi kondisi internal dan eksternal masjid dalam rangka mengoptimalkan potensi unit usaha yang ada. Strategi weakness-opportunity (WO) merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengatasi kelemahan yang ada dengan memanfaatkan peluang yang tersedia. Strategi ini bertujuan untuk mengurangi dampak dari kelemahan internal dengan memanfaatkan kondisi eksternal yang menguntungkan, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam pengembangan unit usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Masjid Oman Al-Makmur menghadapi beberapa kelemahan seperti keterbatasan modal dan sumber daya manusia, terdapat peluang signifikan untuk mengembangkan unit usaha melalui pemanfaatan jaringan komunitas dan dukungan teknologi. Strategi WO yang diusulkan meliputi peningkatan keterampilan pengelola, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Dengan implementasi strategi ini, diharapkan unit usaha masjid dapat berkontribusi lebih besar terhadap pemberdayaan ekonomi umat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, serta memperkuat peran masjid dalam pembangunan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: T. Hafidh Al-Abrar T.A Hafidh
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:51
Last Modified: 18 Sep 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39129

Actions (login required)

View Item
View Item