Sari Pitri, 221003005 (2024) Pengembangan Model Project based learning pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian PAI (Program Sarjana S1 UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.
Sari Pitri, 221003005 (2024).pdf
Download (11MB)
Abstract
Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Metodologi Penelitian Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis project based learning berangkat dari analisis kebutuhan terhadap RPS Metodologi Penelitian PAI UIN Ar-Raniry, RPS Metodologi Penelitian PAI lebih menekankan mahasiswa untuk memahami materi pembelajaran daripada pembuatan proposal penelitian, sehingga direalitanya mahasiswa kesulitan dalam membuat proposal penelitian. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan RPS Metodologi Penelitian PAI berbasis project based learning (program sarjana S1 UIN Ar-Raniry) dan untuk mengetahui kelayakan RPS Metodologi Penelitian PAI berbasis project based learning (program sarjana S1 UIN Ar-Raniry). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang memiliki empat langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan yaitu define (pendefinisian), design (rancangan), develop (pengembangan) dikarenakan peneliti tidak memiliki akses untuk mengajar mata kuliah tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar validasi oleh ahli desain, materi dan bahasa. Ahli desain memberi nilai 95,8%, ahli materi 93,33%, ahli bahasa 100%. Adapun nilai rata-rata keseluruhan persentase dari validasi ahli desain, materi dan bahasa adalah 96,37% dengan kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sari Pitri |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:24 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39146 |