Wulan Baizura, 180602226 (2024) Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Ekonomi Kreatif Sektor Kuliner (Studi Rumah Makan Cut Bit Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Wulan Baizura, 180602226, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk perkembangan suatu usaha terutama pada usaha yang bergerak pada sektor kuliner yang saat ini menjadikan pemasaran sebagai pendorong untuk meningkatkan penjualan sehingga tujuan kegiatan bisnis dapat tercapai. Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan pendapatan usaha ekonomi kreatif sektor kuliner, dengan fokus pada Rumah Makan Cut Bit di Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk mendalami penerapan strategi pemasaran syariah yang meliputi elemen 4P: Produk, Harga, Tempat, dan Promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Cut Bit berhasil menerapkan strategi pemasaran syariah dengan menekankan produk berkualitas dan halal, harga yang sesuai dengan nilai yang diterima konsumen, lokasi yang strategis serta aksesibilitas yang baik, dan promosi yang efektif. Perspektif ekonomi syariah dalam penelitian ini menggarisbawahi bahwa Rumah Makan Cut Bit menjalankan usahanya dengan prinsip Rabbaniyah, di mana setiap tindakan usaha dilakukan dengan kesadaran akan pengawasan Allah SWT. Temuan ini memberikan wawasan tentang efektivitas penerapan prinsip syariah dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja usaha kuliner di konteks ekonomi syariah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Syariah, Pendapatan Usaha, Ekonomi Kreatif |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Wulan Baizura |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39198 |