Irna Fariatma, 200209075 (2024) Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Alat Peraga Balok dan Kubus dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 14 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Alat Peraga Balok dan Kubus dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 14 Aceh Selatan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IRNA FARIATMA (200209075).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV Min 14 Aceh Selatan bahwa dalam proses pembelajaran matematika masih banyak siswa yang belum terlihat menunjukkan adanya minat dan hasil yang cukup dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya minat siswa dalam mempelajari matematika dikarenakan matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami dan sulit dimengerti. Hal ini disebabkan karena pada saat belajar dikelas siswa kurang aktif dan enggan bertanya walaupun diantara mereka ada yang tidak mengerti. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah sehingga tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu siswa membutuhkan model pembelajaran khusus untuk menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode tutor sebaya berbantuan alat peraga balok dan kubus di kelas IV Min 14 Aceh Selatan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian melalui penerapan metode tutor sebaya berbantuan alat peraga balok dan kubus mengalami peningkatan. Hasi observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus memperoleh persentase 58,33%, siklus II memperoleh 68,75% dan siklus III menjadi 97,91%. Observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 54,54%, siklus II memperoleh 60,41%, dan siklus III memperoleh 95,45%. Minat belajar siswa siklus I memperoleh persentase 53,33%, siklus II memperoleh 70% dan siklus III memperoleh 90%. Hasil beajar siswa siklus I memperoleh persentase 46,66%, siklus II memperoleh 66,66% dan siklus III memperoleh 86,66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode tutor sebaya berbantuan alat peraga balok dan kubus dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) |
Depositing User: | Irna Fariatma Irna |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:21 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39241 |