Riska Auliana, 200209095 (2024) Pengembangan Media Animasi Berbasis Islami Pada Materi Peredaran Darah Kelas V MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI AFTER SIDANG RISKA.A..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih belum maksimal dan guru hanya berfokus pada buku paket. Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengembangkan media, (2) untuk menguji kelayakan media animasi berbasis islami, (3) untuk menganalisis kepraktisan terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Delopment (R&D), model Alessie dan Trollip dengan 3 tahap yaitu Planning (Perencanaan), Design (Perancangan) dan Development (Pengembangan). Instrument penelitian berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi materi, angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi berbasis islami pada materi peredaran darah kelas V MIN 22 Aceh Besar sudah memenuhi kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 99% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 81,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil dari angket respon kepraktisan peserta didik memperoleh skor 85% dengan kategori “Sangat Positif”. Berdasarkan hasil data tersebut, maka media animasi berbasis islami pada materi peredaran darah kelas V MIN 22 Aceh Besar sangat layak digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Riska Auliana Riska |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:31 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:31 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39256 |