Maghfirah, 200210033 (2024) Pengembangan E-Book “Hadiah Istimewa” terhadap Jati Diri Anak. Pengembangan E-Book “Hadiah Istimewa” terhadap Jati Diri Anak, 7 (2): 2655-433X. pp. 563-571. ISSN 2655-4798
Skripsi Akhir_Maghfirah_200210033 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Jati diri adalah salah satu komponen kurikulum merdeka yang penting dikembangkan untuk anak usia dini, karena tanpa jati diri perkembangan sosial anak cenderung rendah, dan tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas. Salah satu media yang dapat membantu mengembangkan jati diri anak dimasa era digital ini adalah e-book dan jati diri dapat dikembangkan melalui cerita. Tujuan penelitian ini adalah melihat kelayakan E-book “Hadiah Istimewa” terhadap jati diri anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Developmen (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutions). Sampel 21 orang anak. Untuk melihat kelayakan buku melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 17 guru di TKIT BAITUSSHALIHIN. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dengan persentase Hasil penelitian menunjukkan presentase dari uji ahli media 85%, uji materi 82%, dari guru 95,6%. Persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book “Hadiah Istimewa” terhadap jati diri anak termasuk dalam kategori sangat layak. Kesesuaian materi buku dengan elemen jati diri anak adalah 82,4%, juga berada pada kategori sangat layak. Artinya buku ini bisa dijadikan salah satu media untuk pengembangan jati diri anak usia dini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 002 The Book |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Maghfirah Gade |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:19 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39326 |