Rita Hafrija, 200201165 (2024) Efektivitas Penerapan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Kajhu Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Efektivitas Penerapan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV SD Negeri Monsinget Kajhu Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rita Hafrija (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV di SD Negeri Monsinget Kajhu, Aceh Besar. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa metode pengajaran PAI yang digunakan oleh guru cenderung monoton, menyebabkan siswa kurang berminat belajar, lebih suka bermain, sering keluar masuk kelas, dan tidak merespons pertanyaan guru. Hal ini berdampak pada rendahnya semangat dan hasil belajar siswa. Rumusan penelitian ini adalah apakah penerapan metode make a match dapat menigkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri Monsinget Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental untuk menguji kausalitas melalui desain pre-eksperimen pretest dan posttest, melibatkan 27 siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan rumus mean, uji standar deviasi, T-tes, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Pada tahap pretest, tidak ada siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menunjukkan kurangnya pemahaman materi sebelum perlakuan. Namun, setelah penerapan metode make a match, terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan 15 siswa (55,56%) mencapai KKM. Rentang nilai posttest juga menunjukkan nilai tertinggi 95 dan terendah 30. Analisis statistik menunjukkan thitung sebesar 6,34 lebih besar dari ttabel 2,086 (thitung 6,34 > ttabel 2,086) pada tingkat signifikansi 5%, yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match efektif dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV di SD Negeri Monsinget Kajhu Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rita Hafrija Rita |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39330 |