Dampak Media Sosial TikTok Terhadap Pemahaman Keagamaan Pada Siswa di SMP Negeri 3 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat

Muqiya Sunnah, 200201080 (2024) Dampak Media Sosial TikTok Terhadap Pemahaman Keagamaan Pada Siswa di SMP Negeri 3 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Dampak, Respon Guru, Media Sosial TikTok.] Text (Dampak, Respon Guru, Media Sosial TikTok.)
Muqiya Sunnah, 200201080, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Media Sosial TikTok ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun dewasa dan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat, selain berdampak positif terdapat juga dampak negatif dari penggunaannya. Sekarang ini memahami agama dapat di akses dimana saja tanpa terkecuali di media sosial TikTok. Untuk itu perlu dipahami dengan lebih akurat informasi dari aplikasi tersebut. Selain itu, Dampak media sosial TikTok terhadap pemahaman keagamaan menjadi lebih signifikan dengan perkembangan terkini. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apa dampak media sosial TikTok terhadap pemahaman keagamaan pada peserta didik SMP Negeri 3 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat? (2) Bagaimana respon guru PAI terhadap media sosial TikTok di SMP Negeri 3 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari olahan data penelitian maka mendapat hasil sebagai berikut: (1) dampak penggunaan TikTok terbagi dua kategori yaitu: yang pertama dampak positif dari aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman keagamaan, kedua dampak negatif yang berisikan konten negatif yang merusak generasi penerus bangsa, sehingga membuat kecanduan terhadap aplikasi TikTok malah melalaikan waktu beribadah dan sebagainya. (2) Respon Guru PAI terhadap Media Sosial TikTok di SMP Negeri 3 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat yaitu mendukung media sosial TikTok sebagai media pembelajaran. Alasan utama dibalik dukungan tersebut adalah guru melihat adanya potensi dalam media sosial TikTok ini yang dapat dipergunakan untuk menambah perluasan materi yang tidak dicantum pada buku pelajaran. Untuk meminimaliasir dampak negatifnya, guru harus mengawasi siswa di sekolah agar dapat mengakses media sosial TikTok dengan baik. Simpulan dalam penelitian ini, kehadiran TikTok dapat membantu siswa bila penggunaannya terkontrol dengan baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muqiya Sunnah Qiya
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:05
Last Modified: 01 Oct 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39391

Actions (login required)

View Item
View Item