Anna Fiza Hayati, 180402054 (2024) Perbedaan Feeling Of Superior Siswa Yang Mengikuti Organisasi Dan Siswa Yang Tidak Mengikuti Organisasi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sinabang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of perbedaan, feeling of superior, siswa, organisasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anna Fiza Hayati, 180402054, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Setiap anak memiliki bakat dan kemampuannya masing-masing, baik bakat yang di dapatkan dari sejak dilahirkan maupun bakat yang di dapatkan melalui pelatihan tertentu. Masih sering terjadi saat ini, para siswa tidak mengetahui potensi bakat yang dimiliki sehingga merasa rendah terhadap dirinya. Sehingga dalam hal ini, dibutuhkan peran sekolah yang menyediakan program-program yang dapat mengasah bakat dan kemampuan siswa. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan masuk kedalam organisasi siswa di sekolah. Feeling of superior merupakan sebuah dorongan yang akan menjadi penggerak kearah yang lebih baik sehingga seseorang dapat berusaha melupakan rasa rendah dirinya. Feeling of superior bukan berarti berkompetisi atau bersaing dengan orang lain, namun untuk diri sendiri karena menyadari diri sendiri memiliki potensi yang lebih. Berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan, kurangnya usaha menuju ke arah feeling of superior pada saat diri menyadari kelemahan diri. Penelitian ini dapat mempermudah dalam mengetahui perbedaan feeling of superior siswa yang mengikuti organisasi dan siswa yang tidak mengikuti organisasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sinabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan feeling of superior siswa yang mengikuti organisasi dan siswa yang tidak mengikuti organisasi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif, dengan sampel penelitian sebanyak 55 responden. Hasil dari nilai Mean siswa yang mengikuti organisasi dan hasil dari nilai Mean siswa yang tidak mengikuti organisasi, yaitu sebesar 75,03 dan 82,40. Maka dalam hal ini, dapat dinyatakan terdapat perbedaan antara feeling of superior siswa yang mengikuti organisasi dan siswa yang tidak memngikuti organisasi. Maka penafsiran output independent samples test berpedoman pada nilai yang terdapat pada equal variances assumed. Diketahui (sig-2tailed) 0,07 > 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Maka dapat di artikan bahwa hipotesis yang diajukan berupa “Tidak Ada Perbedaan Feeling Of Superior Siswa Yang Mengikuti Organisasi dan Siswa Yang Tidak Mengikuti Organisasi” dinyatakan diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Anna Fiza Hayati Anna |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:46 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39440 |