Rizqani, 211323901 (2017) Efektivitas Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Materi Wudhu di TPA Al- Irsyad Lueng Bata Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Form B dan Form D.pdf
Download (392kB) | Preview
Rizqani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Keberhasilan dalam belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru menjelaskan materi dengan menggunakan cara atau metode klasik, sehingga santri kurang aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajar kurang memuaskan, oleh karena itu perlu dilakukan metode yang berbeda dalam penyampaian materi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tujuannya untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi santri dalam materi wudhu pada tingkat TPQ di TPA Al- Irsyad Lueng Bata Banda Aceh. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode demonstrasi dengan cara memperagakan kepada santri materi pembelajaran yang sedang dipelajari sehingga proses penerimaan pembelajaran akan lebih berkesan secara mendalam. Penelitian tindakan kelas ini dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas ustadzah dan santri untuk setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari analisis tingkat aktivitas ustadzah untuk siklus I dan II dengan katagori “baik” dan”sangat baik “ yaitu73,33pada siklus I dan 90 pada siklus II. Adapun aktivitas santri pada siklus I mencapai 60 sedangkan siklus II mencapai 87,5. Data tersebut menunjukkan keaktifan belajar santri mengalami peningkatan yang lebih baik.Sedangkan pada ketuntasan klasikal yang diperoleh santri pada siklus I adalah 46,66. Dari tes ketuntasan hasil belajar pada siklus I terdapat 7 santri yang tuntas dan 8lainnya belum tuntas. Maka harus diperbaiki kekurangannya pada siklus selanjutnya.Hasil tes pada siklus II menunjukkan hasil yang baik dibandingkan pada siklus I. Pada siklus kedua ini rata-rata santri sudah mencapai nilai KKM.Pada siklus II perubahan positif pada keaktifan santri berdampak pula pada minat belajar dan ketuntasan belajar.Terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 80.Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar santri pada materi wudhu di TPA Al- Irsyad Lueng Bata Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1.Dr. Muji Mulia, S.Ag, M.Ag 2.Imran, S.Ag, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Demonstrasi, dan Wudhu |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rizqani Samlawi |
Date Deposited: | 28 May 2018 02:00 |
Last Modified: | 28 May 2018 02:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3946 |