Pelaksanaan Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Tunalaras Di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh

Neneng Serungke, 190201071 (2024) Pelaksanaan Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Tunalaras Di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pelaksanaan Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Tunalaras Di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh] Text (Pelaksanaan Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Tunalaras Di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh)
Neneng Serungke, 190201071, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bagi seorang guru mengajar siswa berkebutuhan khusus bukanlah suatu hal yang mudah apalagi mencakup kecerdasan emosional. Disinilah diperlukan kompetensi dan kesabaran yang lebih dibandingkan mengajar siswa normal. Apalagi dengan latar belakang guru itu sendiri yang bukan lulusan dari pendidikan khusus dan tidak dibekali dengan pelatihan pendidikan khusus. Dengan meningkatkan kecerdasan emosional siswa diharapkan mampu menerima kekurangan yang ia miliki, mampu melakukan interaksi dan bersosialisasi dengan baik dengan keterbatasan mereka serta berkembang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah pelaksanan pembelajaran PAI dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa tunalaras di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh. (2) mengetahui kecerdasan emosional apa saja yang muncul pada siswa tunalaras di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh (3) Mengetahui bagaimana upaya guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa tunalaras di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu orang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dua orang guru PAI serta seorang guru program khusus. Data-data di kumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Pelaksanaan pembelajaran PAI untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa tunalaras di SLB Bukesra sudah terlaksana dengan baik. Kecerdasan emosional yang muncul pada siswa tunalaras di SLB Bukesra yang lebih dulu ditingkatkan adalah pengolaan emosi mereka. Upaya guru dengan memotivasi siswa. Mengembangkan kemampuan sosial siswa. Meningkatkan kesadaran diri siswa tunalaras Serta meningkatkan empati siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neneng Serungke
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:22
Last Modified: 02 Oct 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39474

Actions (login required)

View Item
View Item