Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Rahn (Gadai Emas) Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh

Rahmawati, 140601011 (2017) Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Rahn (Gadai Emas) Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Loyalitas Nasabah]
Preview
Text (Membahas tentang Loyalitas Nasabah)
Rahmawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan kerja praktik pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh yang terletak dijalan T. Hasan Dek No. 42-44 Banda Aceh. PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh adalah salah satu unit syariah Ketika PT. BPD Aceh masih beroperasi dengan menggunakan 2 sistem yaitu sistem konvensional dan sistem syariah. Selama melakukan kerja praktik penulis ditempatkan pada bagian operasional, pembiayaan dan customer service. Selama dibagian tersebut penulis banyak melakukan kegiatan-kegiatan seperti melegalisir buku rekening, mencetak kiriman utang (KU) transfer, mencatat kontrak gadai emas, menyusun formulir transaksi gadai emas, melengkapi formulir data nasabah, membuat referensi bank, mencatat nomor agenda pada referensi bank dan nomor Debet Nota (DN), mencatat nomor Pemindah Pembukuan (PP) dan sebagainya. Dalam penulisan laporan kerja praktik ini, penulis telah melakukan observasi, wawancara dengan karyawan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Adapun tujuan dari penulisan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan yang dilakukan oleh PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh dalam peningkatan loyalitas nasabah rahn (gadai emas). Berdasarkan hasil yang penulis dapatkan selama kerja praktik berlangsung, rahn (gadai emas) merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Pada dasarnya rahn (gadai emas) merupakan pembiayaan yang mana nasabah menyerahkan hak penguasa fisik emas milik nasabah kepada bank untuk dijadikan sebagai agunan atas dana pembiayaan yang diterima. Produk rahn (gadai emas) menggunakan prinsip syariah dengan menggunakan tiga akad yaitu Qardh sebagai pinjaman, Rahn sebagai gadai dan Ijarah sebagai persewaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr. Hafas Furqani, M. Ec 2.Farid Fathony Ashal, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Loyalitas Nasabah, Rahn (Gadai), Emas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 10:07
Last Modified: 21 Jun 2018 10:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item
View Item