Roudotun Hasanah Harahap, 200208011 (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA Negeri 1 Dolok Sigompulon. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengembangan, Video Pembelajaran, Microlearning]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Roudotun Hasanah Harahap, 200208011, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning pada materi kesetimbangan kimia dilatarbelakangi oleh permasalahan di SMA Negeri 1 Dolok Sigompulon, bahwa media pembelajaran yang digunakan guru kimia dalam proses pembelajaran ialah power point, buku teks, selain itu peserta didik juga mengalami kesulitan dalam memahami kesetimbangan kimia dikarenakan masih bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan respon peserta didik terhadap pengembangan video pembelajaran berbasis microlearning pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Dolok Sigompulon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 25 peserta didik kelas XI IPA 1. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar pedoman wawancara, lembar angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik, lembar validasi ahli, serta lembar angket respon peserta didik. Data yang telah diperoleh dari instumen pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase lalu dideskripsikan. Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru didapatkan bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis microlearning. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis microlearning pada materi kesetimbangan kimia. Hasil validasi diperoleh rata-rata persentase dari ketiga validator sebesar 85,33% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil analisis data yang diperoleh dari angket repon peserta didik sebesar 92,43% dengan kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis microlearning sangat valid untuk dijadikan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolok Sigompulon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Roudotun Hasanah Harahap Roudotun |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:05 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39572 |