Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII MTsN 2 Aceh Besar

T. Khairul, 261324608 (2018) Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pemecahan Masalah Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Pemecahan Masalah Matematika)
T. Khairul (261324608).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Materi himpunan ini merupakan salah satu konsep dasar yang harus dikuasai siswa guna mempermudah siswa dalam mempelajari materi matematika yang lain terutama terkait tentang pemecahan soal-soal berbentuk cerita. Materi himpunan adalah salah satu materi penting yang diajarkan kepada siswa SMP dan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dimana siswa dituntut untuk dapat memahami dan memecahkan soal berbentuk cerita. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MTsN 2 Aceh Besar dengan mewawancarai guru matematika sekolah tersebut, penulis mendapatkan bahwa “siswa mengalami masalah dalam memahami dan memecahkan soal berbentuk cerita pada materi himpunan. Sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam merancang strategi penyelesaiannya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi pemecahan masalah himpunan oleh siswa kelas VII MTsN 2 Aceh Besar?”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu untuk mengetahui strategi pemecahan masalah oleh siswa terkait soal cerita pada materi himpunan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi dominan yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan yaitu strategi membuat gambar atau diagram. Adapun secara rinci diuraikan, 49,99% siswa menggunakan strategi membuat gambar atau diagram dalam menyelesaikan soal. Sementara itu, 26,56% siswa menyelesaikan soal dengan jawaban sempurna dan 23,43% siswa menyelesaikan soal dengan jawaban kurang sempurna, 15,62% siswa menggunakan strategi menemukan pola, dan 26,56% siswa menggunakan strategi berpikir logis dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.DR.H.Nuralam,M.Pd 2.Kamarullah,S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis strategi. Materi himpunan. Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Teuku Khairul
Date Deposited: 28 May 2018 04:41
Last Modified: 28 May 2018 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item
View Item