Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI IPS-1 Di MAN 3 Kota Banda Aceh

Miskatul Fatia, 200202085 (2024) Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI IPS-1 Di MAN 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI IPS-1 Di MAN 3 Kota Banda Aceh] Text (Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI IPS-1 Di MAN 3 Kota Banda Aceh)
Miskatul Fatia, 200201085, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan akhlak di era globalisasi ini sangat penting bagi setiap orang, terutama bagi para siswa agar menjadi manusia yang memiliki nilai luhur dan etika yang diharapkan oleh masyarakat, bangsa, dan negara. Pada dasarnya guru Aqidah Akhlak di MAN 3 Kota Banda Aceh telah melaksanakan berbagai upaya dalam pembinaan akhlak. Dengan pembinaan tersebut diharapkan siswa mempunyai akhlak yang baik sesuai yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlak, untuk mengetahui faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam membina akhlak serta kendala apa saja yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI IPS-1 MAN 3 Kota Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: 1. Bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI IPS-1 di MAN 3 Kota Banda Aceh, 2. Apa saja faktor pendukung guru pendidikan aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI IPS-1 di MAN 3 Kota Banda Aceh, dan 3. Apa saja kendala guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI IPS-1 di MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif naratif dengan metode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Upaya guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa adalah dengan menggunakan 5 cara yaitu, pendekatan, menanamkan sikap yang akhlakul karimah, nasihat, tauladan dan Pembinaan akhlak menggunakan metode kisah Nabawiyah. Faktor pendukung guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa ada beberapa faktor diantaranya, lingkungan rumah dan teman yang baik, manajemen waktu untuk kegiatan sekolah, dan kerjasama guru dalam menumbuhkan kebiasaan positif seperti tanggung jawab, pengendalian diri, dan sopan santun, semuanya merupakan faktor pendukung berkembangnya karakter moral siswa, akhlak siswa, dan sebagainya. Kendala guru aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah disebabkan oleh lingkungan keluarga yang broken home. Adapun faktor eksternal adalah dipengaruhi oleh salah pergaulan dan lingkungan yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miskatul Fatia
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:46
Last Modified: 09 Oct 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39676

Actions (login required)

View Item
View Item