Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV MIN 26 Aceh Selatan

Andriadi, 190209118 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV MIN 26 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik  Pada Pemebelajaran IPS Di Kelas IV MIN 26  Aceh Selatan] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Pemebelajaran IPS Di Kelas IV MIN 26 Aceh Selatan)
SkripSi Andriadi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikelas IV MIN 26 Aceh Selatan sumber belajar yang digunakan hanya buku teks serta penggunaan media yang kurang variatif dan menarik.Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis komik dan (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis komik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Dessimination (Penyebaran). Hasil Penelitian Menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis komik sudah memenuhi kategori sangat layak dengan persentase 88% berdasarkan hasil validasi ahli materi. Hasil validasi ahli media dengan persentase 97,9% dengan kategori sangat layak, serta validasi ahli bahasa dengan persentase 84% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komik layak digunakan untuk peserta didik kelas IV MIN 26 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andriadi Andri
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:27
Last Modified: 08 Oct 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39677

Actions (login required)

View Item
View Item