Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 12 Banda Aceh

Humaira, 200201136 (2025) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 12 Banda Aceh] Text (Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMAN 12 Banda Aceh)
Skripsi HUMAIRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pada era modern seperti sekarang ini banyak umat Islam yang sangat minim dalam kemampuan membaca Al-Qur`an. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kepala sekolah SMAN 12 Banda Aceh menerapkan satu program pembelajaran Al-Qur`an yang disebut dengan Tahfidz dengan target siswa mampu membaca dan menghafal minimal satu juz ketika lulus. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola pembinaan program tahfidz Al-Qur`an di SMAN 12 Banda Aceh? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidz Al-Qur`an di SMAN 12 Banda Aceh? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program tahfidz dilaksanakan 2 jam pelajaran dalam seminggu dan diwajibkan bagi seluruh siswa. Pembelajaran tahfidz dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok tahsin dan kelompok tahfidz. Evaluasi dilaksanakan dengan ujian lisan yaitu dengan membacakan kembali hafalan yang sudah dihafal dan di tes dengan bentuk pertanyaan sambung ayat. Faktor pendukung dari segi internal berupa kecerdasan dan kekuatan daya ingat, bacaan Al-Qur`an yang baik dan benar serta adanya motivasi dalam diri siswa. Faktor pendukung dari segi eksternal yaitu dukungan dari pihak sekolah yang berupa penyediaan fasilitas, dukungan dari keluarga serta manajemen waktu yang baik. Sedangkan faktor penghambat dari segi internal berupa kurangnya kemampuan membaca Al-Qur`an siswa dan juga rasa malas. Faktor penghambat dari segi eksternal yaitu kurangnya waktu pelaksanaan pembelajaran serta proses pembelajaran yang membosankan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Humaira Humaira
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:46
Last Modified: 09 Oct 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39695

Actions (login required)

View Item
View Item