Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Khusnul Waraq, 150201166 (2024) Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 1 Darul Kamal Aceh Besar] Text (Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Khusnul Waraq, 150201166, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

SMPN 1 Darul Kamal Aceh Besar merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti sebagai mata pelajaran bagi siswa. Peran seorang guru sangatlah penting dalam membimbing peserta didik untuk belajar agama Islam serta menjadi budi pekerti yang baik bagi setiap orang. Seorang guru harus mampu menumbuhkan mental siswa dalam belajar untuk mendorong siswa dalam mencapai keinginan atau tujuan dan cita-cita tersebut, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan. SMPN 1 Darul Kamal yang menerapkan sistem Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai mata pelajaran, mencuri perhatian peneliti untuk mengkaji lebih dalam terhadap peran guru dalam mendidik agama Islam dan budi pekerti bagi siswa-siswanya. Kajian ini menggunakan metode deskriptif penelitian lapangan sebagai pisau analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa (I) Kompetensi sosial guru dalam mengajar dapat dilihat dari kemampuan mengajar dengan metode yang bervariasi. Kompetensi sosial guru di SMPN 1 Darul Kamal menunjukkan bahwa mereka sudah sangat kompeten dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, ini peneliti tingkatkan dari hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan di SMPN 1 Darul Kamal. (2) Indikator dalam motivasi belajar siswa yaitu adanya harsat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dalam kebutuhan belajar, memiliki harapan dan cita-cita, adanya penghargaan dalam belajar, lingkungan bclajar yang kondusif untuk belajar dengan baik. Untuk melihat tanda-tanda motivasi tem a dapat dikctahui dengan cara member angka, hadiah, saingan atau kompetisi, memberikan ulangan , mengetahui hasil, pujian, hukuman, minat dan tujuan yang diakui (3) Upaya di lakukan oleh guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMPN1 Darul Kamal dengan mengunakan strategi yang bervariasi dan metode yang digunakan guru sesuai dengan kebutuhan siswa. Apabila pembelajran sudah tampak membosankan guru bisanya memberikan selingan seperti bercerita dan belajar sambil bermain.
Demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah sangat baik. Walaupun dari siswa di SMPN 1 Darul Kamal masih kurang dalam hal kesadaran diri untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Waraq
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:06
Last Modified: 09 Oct 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39712

Actions (login required)

View Item
View Item