Maureen Auzhiva, 170602144 (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Menunjang Sertifikasi Halal Pada UMKM Produk Makanan dan Minuman Khas Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
Maureen Auzhiva, 170602144, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini banyak melakukan tindakan yang menyimpang dari etika bisnis yang sangat merugikan dan membahayakan, kesehatan masyarakat, seperti memasukkan bahan kimia berbahaya ke dalam produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam menunjang sertifikasi halal pada UMKM produk makanan dan minuman khas Aceh di Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitiannya yaitu para pelaku UMKM makanan dan minuman khas Aceh di Banda Aceh menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip etika bisnis Islam dengan persentase implementasi yang mencapai 97,41%. Walaupun pemilik UMKM yang diteliti sudah menerapkan etika bisnis Islam namun masih ada usaha yang tidak memiliki sertifikasi halal. Hambatan dalam pengurusan sertifikasi halal adalah infrastruktur yang tidak memadai dan kurangnya pemahaman konsumen dalam produk yang telah bersertifikasi halal
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Maureen Auzhiva Maureen |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39745 |