Nurul Magfirah, 200209042 (2024) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Bilangan Siswa Kelas IV SDN Lamreung Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Bilangan Siswa Kelas IV SDN Lamreung Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Magfirah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Lamreung Aceh Besar yang dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam bilangan desimal, masih kurangnya kreativitas guru untuk memilih model yang tepat, hal ini berakibat pada hasil belajar Siswa kelas IV di SDN Lamreung Aceh Besar yang masih sangat memprihatinkan yakni, dari 30 orang siswa kelas 4, hanya 8 siswa atau 31% yang mampu menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal sedangkan 18 siswa atau 69% belum mampu menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang dilakukan oleh pendidik di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai pendidik. Aktivitas guru dalam konsep pembelajaran pada siklus 1 hanya mencapai 77,78%, kategori baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,30%, kategori baik sekali. Peningkatan ini terjadi setelah adanya perbaikan terhadap kekurangan yang terjadi pada siklus 1. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus 1 hanya mencapai 76,38%, kategori baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,22%, kategori baik sekali. Peningkatan ini juga terjadi setelah adanya perbaikan terhadap kekurangan pada proses pembelajaran. Hasil Belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning pada siklus I mencapai 58,33%, kategori Cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,95%, kategori baik sekali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Magfirah Nurul |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39787 |