Lusi Marlida, 200210001 Implementasi Metode Karyawisata dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak di TK Mentari Aceh Jaya. Implementasi Metode Karyawisata Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Di TK Negeri Mentari Aceh Jaya, 5 (1): 1. pp. 1274-1284. ISSN 2723-6390
Lusi Marlida (200210001).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Bahasa ekspresif anak penting untuk dikembangkan agar anak dapat mengungkapkan pikiran, perasaan dan idenya. Guru di TK Negeri Mentari mengembangkan bahasa ekspresif anak dengan metode karyawisata ke Poeteumereuhom yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode karyawisata dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak di TK Negeri Mentari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 1 orang guru kelas B1 dan 8 anak. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan pedoman wawancara dianalisis dengan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode karyawisata dilaksanakan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi metode karyawisata ini mampu mengembangkan kemampuan; penyampaian ide dan pendapat secara lebih jelas; menggunakan kalimat yang lebih kompleks dalam percakapan; memberikan respons cerita dengan ekspresi verbal dan non-verbal yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang direkomendasikan dalam pembelajaran anak usia dini untuk mendukung perkembangan bahasa ekspresif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Lusi Marlida Lusi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 02:42 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39804 |