Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik Rumah Sederhana di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar

Akbarul Kautsar, 140211006 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik Rumah Sederhana di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Kooperatif Jigsaw]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Kooperatif Jigsaw)
Akbarul Kautsar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik instalasi penerangan listrik rumah sederhana, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model konvensional pada mata pelajaran Teknik instalasi penerangan listrik rumah sederhana di SMKN 1 Darul Kamal dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan Pre-Experiment dengan subjek penelitian siswa kelas XI TITL SMKN 1 Darul Kamal yang terdiri dari 1 kelas, siswa dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil analisis data berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa Ho ditolak berdasarkan nilai signifikansi < α = 5% atau 0.05, pada kolom t-test for equality of means kita lihat pada kolom “sig. 2 tailed” dengan Equal variances assumed, uji kesamaan varian didapatkan bahwa kedua kelompok kontrol dan eksperimen memiliki varian yang sama. Nilai “sig. 2 tailed-nya” yaitu: 0.00 maka dapat diputuskan bahwa Ho ditolak karena nilai sig sebesar 0.00 < α = 0.05, jadi dapat disimpulkan pada taraf signifikansi (α) = 5% kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak memiliki nilai rata-rata yang sama. Sehingga diterima kebenaran bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Marzuki, S.Pd.I, M.Si, 2. Sadrina, S.T, M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kooperatif JIgsaw, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Akbarul Kautsar
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:26
Last Modified: 07 Jun 2018 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item
View Item