Penerapan Model Mind Mapping Pada Materi Shalat Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsN 2 Aceh Barat Daya

Sy. Puja Fadhilah Sukma, 190201032 (2024) Penerapan Model Mind Mapping Pada Materi Shalat Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsN 2 Aceh Barat Daya. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
SKRIPSI SYARIFAH PUJA SYARI APLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mind mapping salah satu model pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dan memudahkan siswa untuk memahami pelajaran. Shalat ialah tindakan penghambaan diri kepada Allah berbentuk serangkaian kegiatan berupa ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu bukan sekedar perubahan pengetahuan; Pengetahuan membentuk keterampilan, kebiasaan, sikap, dan pemahaman, dalam diri seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kompetensi guru dalam penerapan model Mind Mapping dalam pembelajaran Shalat di MTsN 2 Aceh Barat Daya?. 2. Bagaimana dampak Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Shalat di MTsN 2 Aceh Barat Daya?. Metodologi penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu pendekatan deskriptif analisis data dengan melibatkan kelas VII.3 sebagai subjek, dan data yang diperoleh melalui penggunaan angket yang dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kompetensi guru dalam penerapan model Mind Mapping pada pembelajaran Fikih tidak menemui kesulitan, begitupun terhadap kebanyakan siswa tidak menemukan kesulitan terhadap model pembelajaran. Dampak model Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa menggunakan model mind mapping membuat siswa tertarik, dan juga siswa mudah memahami materi serta sangat bermanfaat bagi siswa dalam proses belajar. dari tulisan ditas maka yang menjadi simpulan tulisan ini adalah “dengan model pembelajaran Mind Mapping maka proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sy. Puja Fadhilah Sukma Fadhilah Sukma
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:41
Last Modified: 16 Oct 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39837

Actions (login required)

View Item
View Item