Miftahul Jannah, 140209012 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Miftahul Jannah PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Model kooperatif tipe think pair share merupakan salah satu model pembelajaran yang perlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena model think pair share ini dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan dari suatu konsep melalui suatu kelompok. Pemilihan model pembelajaran tentunya harus diterapkan dalam sebuah pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran tematik adalah siswa kurang terlibat aktif. Hal tersebut dapat membuat hasil belajar siswa tidak meningkat, serta kurangnya pendekatan guru, pengetahuan, keterampilan dan percaya diri siswa sehingga siswa pasif, kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu kurangnya kreativitas siswa dalam belajar. Menurut peneliti hal ini dapat diatasi dengan menerapkan model think pair share, untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreativitas belajar siswa. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada tema berbagai pekerjaan di MIN 21 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas IVa yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian tersebut dikumpulkan melalui (1) Observasi kreativitas siswa. (2) Soal tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share dengan kategori siswa kelas eksperimen sangat baik dengan jumlah persentase 98% sedangkan kategori siswa kelas kontrol baik dengan jumlah persentase 79,5%. Sedangkan perolehan untuk hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t yaitu menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 3,90>2,02. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan di MIN 21 Aceh Besar. Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miftahul Jannah Miftah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39845 |