Annisa Miladia, 200201041 (2024) Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMKN 3 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Annisa Miladia, 200201041, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan kurikulum, guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Dari hasil observasi awal di SMK N 3 Banda Aceh ditemukan beberapa faktor penyebab kurang aktifnya peserta didik, di antaranya adalah: SMK merupakan sekolah kejuruan dimana pembelajaran PAI bukanlah prioritas sehingga peserta didik menganggap remeh mata pelajaran PAI dan lebih mengutamakan mata pelajaran kejuruan; peserta didik jenuh belajar dalam durasi yang lama; dan guru menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik setelah diterapkannya model two stay two stray serta menjelaskan aktivitas guru dan peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggrat yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi atau pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model two stay two stray mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan keaktifan peserta didik, dibuktikan dari pemerolehan nilai persentase aktivitas guru pada siklus I berada pada angka 82,35% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,17%. Adapun nilai persentase aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada angka 74,30% meningkat menjadi 86,47% pada siklus II. Pemerolehan persentase nilai rata-rata keaktifan peserta didik pada siklus I yaitu 73,04% menjadi 85,86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model two stay two stray mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keaktifan peserta didik kelas XI SMK N 3 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Annisa Miladia |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:02 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39917 |