Strategi Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kepuasan Pelanggan di Dayah Ruhul Islam, Aceh Besar

Sumayyah, 271 324 746 (2018) Strategi Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kepuasan Pelanggan di Dayah Ruhul Islam, Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Kepuasan Guru dan Pegawai)
Sumayyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Mutu suatu produk adalah tergantung dari tingkat kepuasan pelanggan di dalam menggunakan produk tersebut. Bermutu atau tidaknya lembaga pendidikan tersebut, tergantung kepada puas atau tidaknya masyarakat yang menjadi konsumen lembaga pendidikan itu. Untuk mewujudkan pendidikan yang dapat memuaskan pelanggan eksternal maka kepala madrasah terlebih dahulu harus memuaskan pelanggan internalnya. Para personil pelanggan internal merupakan pihak penentu dalam mewujudkan madrasah yang bermutu. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pertama bagaimana upaya yang telah dilakukan oleh kepala madrasah dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan di Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa, kedua apa saja kendala yang ditemui oleh kepala madrasah dalam pencapaian harapan pelanggan di Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala tata usaha, dua orang staff tata usaha dan dua orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Untuk mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggan, kepala madrasah mengadakan rapat tahunan, dan jika ada kebutuhan mendesak maka akan di sesuaikan dengan dana yang tersedia, selain itu kepala madrasah merespon dengan cepat harapan dan kebutuhan guru juga pegawai, dan tidak lupa untuk memberikan pelatihan ataupun pembinaan guna menambah wawasan yang telah dimiliki oleh guru dan pegawai, kerjasama yang baik serta memberikan arahan juga reward salah satunya melalui program umrah kepada guru dan pegawai adalah hal yang sering dilakukan oleh kepala madrasah umtuk memotivasi guru dalam meningkatkan pelayanan kepada siswa. Kedua, kendala yang ditemui adalah kurangnya pengawasan dari guru dan pegawai terhadap fasilitas yang ada sehingga terjadi kehilangan beberapa fasilitas pendidikan dan juga tidak terduganya beberapa alat pembelajaran yang dibutuhkan dan menunggu dana yang tersedia untuk direalisasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Ismail Anshari, MA 2.Nurussalami, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sumayyah Abdul Jalil
Date Deposited: 31 May 2018 04:19
Last Modified: 31 May 2018 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item
TOP