Peran Guru PAI Dalam Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar

Khairun Nisa’, 190201149 (2024) Peran Guru PAI Dalam Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Khairun Nisa’, 190201149 (2024).pdf] Text
Khairun Nisa’, 190201149 (2024).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan siswa dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Peran guru PAI memberikan suatu bimbingan terhadap peserta didik yang juga berkaitan dengan kedisiplinan belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru PAI SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar terhadap kedisiplinan belajar siswa yaitu (1) sebagai contoh tauladan, guru memberikan guru memberikan contoh yang baik dan menjadi teladan dalam perilaku yang diharapkan. (2) sebagai motivator, guru memotivasi siswa untuk selalu datang tepat waktu dengan memberikan sanksi disiplin diikuti dengan dorongan dan arahan kepada siswa. (3) sebagai pembimbing, guru selalu mengajari siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah/ pembelajaran. Adapun faktor pendukung kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 1 Lhoknga Aceh Besar yaitu jarak/tempat tinggal. Sedangkan faktor penghambat kedisiplinan belajar siswa yaitu kurangnya kepedulian orang tua dan lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairun Nisa'
Date Deposited: 18 Nov 2024 01:46
Last Modified: 18 Nov 2024 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39947

Actions (login required)

View Item
View Item