Penggunaan Video Animasi Pada Materi Gerakan Pembaharuan Dalam Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 2 Bireuen

Muksalmina, 190201038 (2024) Penggunaan Video Animasi Pada Materi Gerakan Pembaharuan Dalam Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 2 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Video Animasi Pada Materi Gerakan Pembaharuan Dalam Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 2 Bireuen] Text (Penggunaan Video Animasi Pada Materi Gerakan Pembaharuan Dalam Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di MAN 2 Bireuen)
Muksalmina, 190201038 , FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon terhadap kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI, terlihat seperti tidak mendengarkan materi yang disampaikan guru, mudah merasa bosan ketika materi diajarkan bahkan terdapat pula peseta didik yang berjalan-jalan diluar kelas dengan berbagai alasan yang diberikan. Tujuan dari penulisan yakni (1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru melalui penggunaan media video animasi, (2) untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik melalui penggunaan media video animasi, (3) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan media video animasi pada pembelajar SKI khususnya pada materi Gerakan Pembaharuan dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Agama di MAN 2 Bireuen. Teknik pengumpulan data melalui (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) Lembar observasi aktivitas peserta didik, (3) angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I 80% termasuk kategori baik, siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% dengan kategori baik sekali, (2) aktivitas peserta didik siklus I yakni 76% dengan kateri baik, pada siklus II meningkat menjadi 91% dengan kategori baik sekali, (3) persentase motivasi belajar peserta didik siklus I yakni 84% dengan kategori baik, siklus II terlihat persentase motivasi belajar peserta didik yakni 92% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Gerakan Pembaharuan dalam Islam kelas XI di MAN 2 Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muksalmina Muksalmina
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:20
Last Modified: 01 Nov 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40001

Actions (login required)

View Item
View Item