Pengaruh Arab Podcast Di Youtube Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Di Ma’had Darut Tahfidz

Rini, 200202192 (2024) Pengaruh Arab Podcast Di Youtube Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Di Ma’had Darut Tahfidz. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Arab Podcast Di Youtube Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Di Ma’had Darut Tahfidz] Text (Pengaruh Arab Podcast Di Youtube Dalam Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbicara Di Ma’had Darut Tahfidz)
Rini, 200202192, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian, peneliti menemukan bahwa siswi di ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas dalam pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara masih mengalami kesulitan dalam berbicara karena merasa malu dan takut salah. Hal ini terjadi karena kurangnya penguasaan mufradat dan sebagian dari mereka adalah tamatan dari sekolah dasar negeri. Dalam belajar keterampilan berbicara, banyak siswi yang merasa kesulitan mengungkapkan pikirannya dengan menggunakan bahasa Arab. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti memilih untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Arab Podcast di YouTube dalam meningkatkan penguasaan keterampilan berbicara siswi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Arab Podcast di YouTube dalam meningkatkan penguasaan siswi terhadap keterampilan berbicara di ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas, dan untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab menggunakan Arab Podcast di ma’had Daarut Tahfidz. Dan metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiment dalam satu kelompok (one group pretest-posttest design). Dan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan uji pretest, uji posttest, dan angket. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi di ma’had Darut Tahfidz Al-Ikhlas. Dan peneliti memilih kelas 1 (c) sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswi sebanyak 20 orang. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil T-Test 0,00 dengan tingkat signifikan (0,00<0,05), maka hasil ini menunjukkan bahwa Arab podcast di youtube efektif dalam meningkatkan penguasaan siswi dalam keterampilan berbicara. Hasil respon siswa terhadap Arab podcast di youtube dalam meningkatkan penguasaan keterampilan berbicara adalah positif, pemerolehan hasil respon positif sebanyak 96,5% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rini Rini
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:16
Last Modified: 06 Nov 2024 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40035

Actions (login required)

View Item
View Item