Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures(CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada Siswa SMP/ MTS

Zalfa Zamira, 200205029 (2024) Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures(CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada Siswa SMP/ MTS. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures   (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi   Matematis pada Siswa SMP/ MTS] Text (Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada Siswa SMP/ MTS)
Skripsi zalfa Zamira, S.Pd.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Koneksi matematis adalah kemampuan yang perlu untuk dipelajari dan dibentuk, dimana kemampuan koneksi matematis yang baik akan membantu siswa untuk mengetahui keterkaitan antara berbagai konsep dalam matematika dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Penerapan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) mendorong siswa untuk mengambil inisiatif dalam menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari, melalui model ini juga siswa diberi kesempatan untuk merumuskan definisi konsep, mengenali contoh dari suatu konsep dan terjadi komunikasi dua arah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model CUPs terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas Kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas Eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kembang Tanjong. Data penelitian diperoleh dari skor hasil Pretest dan Posttest kedua kelas tersebut. Berdasarkan uji t Independent Sample T-Test pada aplikasi SPSS diperoleh nilai signifikansi (Sig.(2 tailed)) 0,004 yang mana nilainya < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pembelajaran dengan model CUPs lebik baik dari pada kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pembelajaran dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zalfa Zamira Zalfa
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:37
Last Modified: 11 Nov 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40090

Actions (login required)

View Item
View Item