Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) di Kelas X SMAN 1 Pasie Raja, Aceh Selatan

Novia Rajuita, 261324593 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) di Kelas X SMAN 1 Pasie Raja, Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Matematika)
Novia Rajuita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara internal maupun secara eksternal. Penyebab yang memungkinkan rendahnya hasil belajar adalah kurangnya berbagai model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika dikelas terutama pada materi SPLTV yaitu melalui model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) yang merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya belajar efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X SMAN 1 Pasie Raja, Aceh Selatan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) di kelas X SMAN 1 Pasie Raja, Aceh Selatan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket respon siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa efektif karena hasil ketuntasan siswa secara klasikal diperoleh melebihi dari kriteria yang telah ditetapkan yaitu 85%. Sedangkan pengolahan data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang dicapai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) yaitu thitung ttabel, ( 1,67). Serta respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) sangat
positif dengan rata-rata 3,23. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. H. M. Yacoeb, M. Pd 2.Budi Azhari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Think-Talk-Write (TTW)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Novia Rajuita
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:48
Last Modified: 04 Jun 2018 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item
View Item