Penerapan Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengenal Bangun Ruang Sederhana di Kelas IV MIN Lamrabo

Faidh Sina, 201223434 (2017) Penerapan Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengenal Bangun Ruang Sederhana di Kelas IV MIN Lamrabo. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Demonstrasi)
Faidh Sina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di MIN Lamrabo masih sering berorientasi pada guru, banyak siswa yang melakukan hal-hal diluar pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi pada saat proses pembelajaran, hal ini karna guru sangat jarang menggunakan metode yang berbeda. Untuk itu, perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan serangkaian proses pembelajaran yang disampaikan oleh seorang instruktur atau guru yang meliputi menunjukkan serta memperlihatkan suatu proses tertentu sehingga siswa dapat secara langsung memahami secara mendalam materi yang disampaikan oleh instruktur atau guru. Untuk itu dalam peneliti ini penulis ingin menerapkan metode demonstrasi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru melalui penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga pada materi mengenal bangun ruang sederhana dikelas IV MIN Lamrabo?. 2) Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa pada materi mengenal bangun ruang sederhana di kelas IV MIN Lamrabo?. Dan diharapkan agar tercapainya beberapa tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru melalui penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga pada materi mengenal bangun ruang sederhana di kelas IV MIN Lamrabo. 2) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga pada materi mengenal bangun ruang sederhana di kelas IV MIN Lamrabo. Penelitian ini mengguanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakasanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV (b) MIN Lamrabo yang berjumlah 20 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Lembar observasi aktivitas siswa 2) Lembar aktivitas guru, 3) Soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I didapatkan nilai 68,75% dengan kategori baik, menjadi 91.66% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru pada siklus I dengan nilai persentase 78,84% dengan kategori baik, meningkat di siklus ke II 80,76% dengan kategori baik sekali. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada materi mengenal bangun ruang sederhana di kelas IV MIN Lamrabo dengan penerapan metode demonstrasi dan alat peraga dapat dilihat dari hasil tes siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes sikus I, didapatkan 10 siswa tuntas (47,37%) dan 9 siswa tidak tuntas (52,63%) yang mana pada siklus satu ini belum mencapai KKM, 65 untuk individual dan 70% untuk klasikal yang ditetapkan di MIN Lamrabo . Sedangkan hasil tes siklus ke II mengalami peningkatan, 16 siswa tuntas (80%) sudah mencapai KKM dan 4 siswa tidak tuntas (20%). Berdasarkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Wati Oviana, M.Pd 2.Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Alat Peraga, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faidh Sina
Date Deposited: 31 May 2018 08:23
Last Modified: 31 May 2018 08:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item
TOP