Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

Suriana, 261324582 (2018) Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Metode Resitasi]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Resitasi)
Suriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Resitasi adalah suatu alternatif metode yang berupaya membuat siswa dapat secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran matematika dikelas. Namun berdasarkan fakta-fakta dilapangan diperoleh bahwa siswa bersifat pasif selama proses pembelajaran pada materi relasi dan fungsi dan siswa tidak bisa belajar secara optimal dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik menerapkan metode Resitasi pada materi relasi dan fungsi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah metode Resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil (2) Bagaimana respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Resitasi pada kelas X SMA Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gunung Meriah pada siswa kelas X tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian PreTest-Post-Test Group Desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pengambilan secara acak atau random sampling. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yaitu pada kelas X IPA 3 dengan menggunakan metode Resitasi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan angket. Sedangkan pengolahan data dengan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) hasil belajar siswa yang menggunakan metode Resitasi dengan metode konvensional diperoleh nilai thitung ttabel, yaitu 1,67. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Resitasi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada materi Relasi dan Fungsi dikelas X SMA Negeri 1 Gunung Meriah. (2) respon siswa terhadap metode Resitasi tergolong dalam kategori positif dengan rata-rata 3,00 berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2.Susanti, S.Pd.I, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Suriana Sudirman AB
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:51
Last Modified: 04 Jun 2018 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item
View Item