Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Di SDN Rumpet

Latifah Hanum, 200209107 (2024) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Di SDN Rumpet. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning     Berbantuan Media Realia Terhadap Peningkatan Keterampilan  Proses Sains Siswa] Text (Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa)
Skripsi Latifah Hanum; (200209107) 1 fix! (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan pada saat proses pembelajaran berlangsung yaitu 1) siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari siswa yang tidak ada keinginan mencari tahu materi apa yang sedang dipelajari, 2) siswa sibuk berbicara dengan teman sebangkunya, 3) penggunaan media belajar kurang bervariasi dan 4) pengembangan aspek-aspek keterampilan proses sains siswa masih sangat kurang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan; 1) untuk menganalisis aktivitas guru, 2) menganalisis aktivitas siswa, 3) menganalisis hasil belajar dan 4) menganalisis peningkatan keterampilan proses sains siswa pada penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning berbantuan media realia terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa di SDN Rumpet. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana. Data yang dianalisis berdasarkan nilai KKM yaitu 70 dengan ketuntasan klasikal 75%. Hasil penelitian meunjukkan bahwa 1) aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 73,80%, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87,24%, 2) aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 62,04% , dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 79,02%, 3) hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 29,16% dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 87,05%, 4) hasil tes pada Keterampilan Proses Sains siswa pada siklus I dengan rata-rata 64,37%, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia dapat meningkatkan Ketererampilan Proses Sains Siswa di SDN Rumpet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latifah Hanum Ifah
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:46
Last Modified: 21 Nov 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40177

Actions (login required)

View Item
View Item