Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Dalam Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V MIN 39 Aceh Besar

Khalizatun Nufus, 170201015 (2024) Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Dalam Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Dalam Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V MIN 39 Aceh Besar] Text (Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Dalam Materi Berhias Diri Dengan Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V MIN 39 Aceh Besar)
skripsi Khalizatun Nufus OKE - REVISI 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu komponen dalam perencanaan pengajaran yang dibuat oleh guru adalah sumber belajar yang didalamnya termasuk bahan ajar yang sering diisi dengan buku-buku atau sumber tertulis lainnya. Sumber belajar utama dapat menggunakan buku teks tertulis, seperti buku paket, majalah, surat kabar, poster, atau berupa lingkungan sekitar seperti lingkungan alam atau lingkungan sosial masyarakat. Dalam hal ini, sebelum memulai sebuah pembelajaran, seorang guru harus menyiapkan materi-materi pembelajaran terlebih dahulu guna mengembangkan silabus yang ada. Di samping itu, ada juga bahan bacaan penunjang seperti jurnal, hasil penelitian ilmiah, serta alat pembelajaran yang terkait dengan indikator dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan, sehingga guru dituntut untuk rajin dan kreatif mencari bahan-bahan pembelajaran yang dibutuhkan dalam sebuah pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembanagan atau yang disebut dengan Research and Development (R&D). Research and Development adalah metode penelitian yang dogunakan untuk menghasilkan produk serta menguji keefektifan pada produk tersebut. Produk penelitian dan pengembangan dalam bidang Pendidikan dapat berupa model, media, peralatan, buku, modul, alat evaluasi, pembelajaran seperti kurikulum, kebijakan sekolah,m dan lain lain. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar pembelajaran aqidah akhlak dalam materi akhlak terpuji pada siswa kelas V di MIN 39 Aceh Besar. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa tim ahli tersebut dapat disimpulkan bahsa hasil penilaian produk bahan ajar Aqidah Akhlak dalam materi berhias diri dengan akhlak terpuji pada siswa kelas 5 MIN 39 Aceh Besar yang divalidasi oleh ahli bidang media memperoleh presentase sebesar 90,6%, yang berarti tampilan media yang ada pada bahan ajar sudah sangat baik. Selanjutnya pada bidang materi dan bahasa memperoleh nilai presentase sebesar 94,6%, yang berarti penyampaian materi dan bahasa pada bahan ajar juga sudah sangat baik. Keseluruhan rata-rata presentase terkait dengan 3 aspek tersebut memperoleh persentase sebesar 92,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Aqidah Akhlak dalam materi berhias diri dengan akhlak terpuji pada siswa kelas 5 MIN 39 Aceh Besar termasuk kedalam kriteria “sangat baik” dan cocok untuk diimplementasikan. Dari hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar Aqidah Akhlak pada materi berhias diri dengan akhlak terpuji pada siswa kelas 5 MIN 39 Aceh Besar sangat cocok untuk diimplementasikan di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khalizatun Nufus Liza
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:00
Last Modified: 22 Nov 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40193

Actions (login required)

View Item
View Item