Penerapan Media Grafis pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Raudhatul Hayati, 201325148 (2018) Penerapan Media Grafis pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Raudhatul Hayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada tema peduli terhadap makhluk hidup masih menggunakan metode ceramah dan menuliskan materi di papan tulis. Akibatnya siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari kurangnya keterlibatan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Penggunaan media dalam proses belajar akan membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar kepada siswa. Salah satunya menggunakan media grafis yang dapat diterapkan pada tema peduli terhadap makhluk hidup. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada tema peduli terhadap makhluk hidup pada siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada tema peduli terhadap makhluk hidup pada siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 35 siswa dengan KKM Individual 70 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal pre-test dan post tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 64,58% ,meningkat pada siklus II yaitu 69,79%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 95,65% . (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 57,95%, meningkat pada siklus II yaitu 75% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 96,59%. (3) Hasil Belajar Siswa pada siklus 1 yaitu 60%, meningkat pada siklus II yaitu 80%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 97,14%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media grafis kemampuan guru dapat meningkat, guru sudah mampu melakukan tanya jawab apakah ada hal-hal yang kurang jelas dan siswa sudah lebih berani untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru. Hasil belajar siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup pada kelas IV MIN 3 Aceh Besar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Muslim RCL ,S.H., M.Ag; 2. Nida Jarmita, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Grafis, Belajar, Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudhatul Hayati
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:12
Last Modified: 07 Jun 2018 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item
View Item