Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Shalat Jamak Qashar Di SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh

Dicky Julianda, 190201125 (2024) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Shalat Jamak Qashar Di SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dicky Julianda, 190201125, FTK, PAI, 085213312348.pdf] Text
Dicky Julianda, 190201125, FTK, PAI, 085213312348.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum pada pembelajaran shalat jamak qashar belum mencapai target tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII pada jamak qashar yang menerapkan metode demonstrasi dan media audio visual, dan pengaruh penerapan metode demonstrasi dan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi shalat jamak qashar di SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah eksperimental dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperiment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes praktik shalat jamak qashar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan berbantu aplikasi SPSS. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Hasil pengolahan data uji homogenitas kedua kelas tersebut yaitu kelas A dan kelas B mendapatkan hasil nilai yang homogen/sejenis yaitu 0,063. Hasil pengolahan data uji hipotesis nilai signifikan yang didapatkan sebesar 0,1083 lebih besar dari pada 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, jadi hasil pada uji hipotesis ini nilainya signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan media audio visual dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dicky Julianda
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:54
Last Modified: 06 Dec 2024 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40278

Actions (login required)

View Item
View Item