Risma Dewi, 170201020 (2024) Pola Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pola Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Islam Di SMA Negeri 8 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Risma Dewi, 170201020, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Karakter merupakan sifat dasar yang ada pada setiap individu. Setiap manusia diciptakan oleh Allah swt ada kelebihan dan kekurangannya. Manusia diberikan akal agar ia sempurna dengan akal manusia akan dapat membedakan mana yang benar dan yang salah. Akan tetapi, di era globalisasi seperti saat ini, nilai-nilai karakter semakin hilang, seperti kejujuran, kesantunan dalam berbahasa serta kedisiplinan. Dalam dunia Pendidikan guru, khususnya guru agama memiliki tanggungjawab yang besar untuk menghasilkan generasi yang berkarakter baik. Penelitian ini bertujuan 1) Ingin mengetahui sejauh mana konsep pembinaan karakter yang dilakukan oleh Guru PAI dan Guru Bk di SMA Negeri 8 Banda Aceh. 2) ingin mengetahui sejauh mana problema yang dihadapi Guru PAI dan Guru BK dalam membina karakter siswa di SMA Negeri 8 Banda Aceh. 3) Untuk menindentifikasi problematika yang dihadapi Guru PAI dan Guru BK dalam proses pembinaan karakter. Manfaat teoritis dari hasil penelitian ini untuk menambah khazanah keilmuan dan pengetahuan, serta mampu memberikan motivasi dan koreksi bagi pihak sekolah agar terus berupaya meningkatkan kualitas output terutama dalam hal moral anak didik. Manfaat lain adalah sebagai referensi serta evalusi bagi sekolah mengenai pentingnya membangun peningkatan pelaksanaan belajar agama islam kaitannya pembinaan karakter. Sedangkan manfaat secara praktis peneliti ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pembinaan karakter siswa SMA Negeri 8 Banda aceh. untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatann fenomenologi, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan Teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya pembinaan karakter terhadap siswa melalui Pendidikan Islam di SMA Negeri 8 Banda Aceh yaitu guru mengawasi tingkah laku siswa di lingkungan sekolah, pembinaan karakter juga sangat dibutukan oleh setiap pendidik dan harus diterapkan kepada siswa agar supaya mereka menjadi generasi yang berprestasi dan berkarakter islami. Pembentukan karakter dilakukan melalui pembinaan akhlakul karimah sebagaimana yang terkandung dalam Al-qur’an, identitas umat manusia hakikatnya terletak pada akhlak. Kemudian upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam pembinaan yaitu memberikan bimbingan kepada siswa, apabila terdapat siswa yang berperilaku tidak baik, guru selalu tegas menegur dan menasehati, sedangkan masalah yang dihadapi guru dalam membina karakter siswa adalah pengaruh lingkungan serta kepedulian orang tua terhadap anaknya berkurang. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan, Pembinaan, Karakter, Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risma Dewi Dewi |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40282 |