Nuria Ramadhani, 200201061 (2024) Keunggulan Metode Tasmi’ Terhadap Kualitas Hafalan Qur’an Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Keunggulan Metode Tasmi’ Terhadap Kualitas Hafalan Qur’an Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nuria Ramadhani, 200201061, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Menghafal Al-Qur’an adalah suatu usaha dimana seluruh ayat-ayat harus diingat dengan sempurna, karena itu seluruh proses pengingatan terhadap ayat didalam surah-surah, mulai dari proses awal hingga proses penjagaannya harus tepat. Faktanya mengahafal Al-Qur’an lebih mudah dari pada memeliharanya, banyak penghafal Al-Qur’an yang mengeluh karena semula hafalannya baik dan lancar tetapi pada suatu saat hafalan tersebut hilang dari ingatannya. Hal begitu terjadi kerena tidak adanya pemeliharaan. Disinilah aplikasi metode dibutuhkan, Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode tasmi’ diasumsikan dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Dengan tasmi’ penghafal Al-Qur’an akan diketahui kekurangan dalam hafalannya, karena bisa saja lengah dalam mengucapkan huruf atau harakat. Sehingga penghafal Al-Qur’an akan lebih berkonsentrasi dalam hafalannya. Hal ini menunjukkan bahwa metode tasmi’ dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keunggulan dari metode tasmi’ agar dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian yaitu para santri yang telah menghafal Al-qur’an 30 juz juga sudah mengikuti program syahadah dan pembimbing tahfizh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode tasmi’ adalah metode yang efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-qur’an. Metode tasmi’ dilakukan dengan cara pertama-tama santri mengikuti program tasmi’ per 1 juz, lanjut mukammal per3,5, 10, 15 sampai 30 juz dalam satu majlis. Dan ada juga program tasmi’ yang dilaksanakan setiap bulannya dengan kriteria santri yang telah menghafal 10 juz keatas. Hal ini dilakukan guna untuk menjaga hafalan Al-qur’an agar lancar, terhindar dari kesalahan-kesalahan serta sebagai latihan untuk mengikuti program syahadah, sehingga hafalan santri menjadi mutqin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nuria Ramadhani |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 02:15 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40301 |