Peran Orangtua Dalam Membimbing Dan Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak (Studi Deskriptif di Kemukiman Isaq, Kecamatan Linge, Kabupaten AcehTengah)

Khalda Atma Gunawan, 190402019 (2024) Peran Orangtua Dalam Membimbing Dan Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak (Studi Deskriptif di Kemukiman Isaq, Kecamatan Linge, Kabupaten AcehTengah). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Peran Orangtua, Membimbing, Mengontrol] Text (Peran Orangtua, Membimbing, Mengontrol)
Khalda Atma Gunawan, 190402019, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Zaman saat ini orangtua juga telah memberikan gadget pada anak-anak mereka dengan tujuan menenangkan anak ketika rewel, memberikan ruang kerja terhadap orangtua, dan memudahkan anak bermain. Namun hal ini mengakibatkan anak menjadi lebih memilih gadget dari pada bermain dengan teman lainnya, membuat anak menjadi pemarah jika tidak diberikan gadget serta anak menjadi kecanduan dengan minimnya pengawasan dan pengontrolan dalam penggunaan gadget. Seharusnya penggunaan gadget pada anak diberikan bimbingan dan pengontrolan oleh orangtua untuk menujukkan peran orangtua terhadap anak. Pada kenyataannya masih banyak orangtua yang tidak membimbing dan mengontrol anak ketika anak melakukan kontak sosial salah satunya dalam menggunakan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan orangtua terhadap kepemilikan gadget pada anak, mengetahui pendekatan yang dilakukan oleh orangtua agar penggunaan gadget pada anak terkendali dengan baik, dan mengetahui cara orangtua dalam memberikan batasan dalam penggunaan gadget pada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 informan yang terdiri dari 4 orangtua dan 4 anak. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Orangtua memiliki dua arah yaitu pandangan positif: gadget memudahkan mendapatkan informasi, ilmu, dan komunikasi. Dan pandangan negatif: penggunaan gadget bersifat dipaksa oleh keadaan dan alat sementara untuk menjaga anak. Masih diperlukan kesadaran yang lebih dari orangtua tentang dampak penggunaan gadget. (2) Penggunaan gadget pada anak belum terkendali dengan baik karena faktor kurangnya waktu orangtua yang kurang melakukan pendekatan diri pada anak, hal itu merupakan salah satu cara pendekatan yang membuat anak menjadi terbuka dan merasakan kasih sayang sehingga anak mematuhi dengan benar peraturan yang dibuat orangtua. (3) Pemberian batasan dalam penggunakan gadget masih kurang dilakukan melihat tidak dilakukan pendekatan diri orangtua dengan baik sehingga batasan tidak optimal karena anak menganggap itu bukan hal penting sehingga membuat anak menjadi tidak mematuhi batasan yang orangtua berikan padahal batasan yang mudah dilakukan dapat berupa mendampingi anak ketika menggunakan gadget dan mengontrol media yang anak gunakan dalam gadget.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khalda Atma Gunawan
Date Deposited: 10 Dec 2024 03:21
Last Modified: 10 Dec 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40305

Actions (login required)

View Item
View Item